Perkuliahan kedua dilaksanakan pada
tanggal 18 Febuari 2013 di ruang
Daksinapati 305 FIP UNJ bersama Dr. Amril Muhammad, SE, M.Pd dan dimulai pada
pukul 13.30 WIB. Pada pertemuan kedua ini Pak Amril mulai menjelaskan materi
dan juga menanyakan terkait perkembangan penugasan yang diberikan pada
pertemuan sebelumnya. Materi yang dijelaskan mengenai dasa-dasar pemasaran.
Pemasaran dapat diartikan sebagai
suatu kegiatan yang mengusahakan agar produk yang ditawarkan dapat di terima
dan disenangi oleh pasar. Pemasaran juga dapat diartikan sebagai kegiatan
mengkomunikasikan sesuatu yang kita miliki kepada orang lain. Kegiatan
pemasaran ditujukan agar produknya dapat diterima dan kemudian disenangi oleh
pasar. Kegiatan pemasaran yang direncanakan, diorganisasikan, dikoordinasikan
serta diawasi dengan baik maka akan membuahkan hasil yang maksimal
Mengapa kita perlu belajar pemasaran?
Kegiatan pemasaran sangat penting untuk di pelajari karena banyak faktor yang
membuat bisnis menjadi sukses dimana kekuatannya terletak pada fokus kepada
pelanggan untuk memberikan kepuasan. Selain itu, perusahaan harus berbagi dan
mempunyai dedikasi yang tinggi untuk memuaskan pelanggan, namun karena sifat
pelanggan yang heterogen sehingga tidak mungkin dapat memuaskan semua
pelanggan, untuk itu yang pertama dilakukan adalah mengelompokkan
golongan-golongan pasar yang heterogen sehingga menjadi homogen atau biasa
disebut segmentasi pasar, setelah dikelompokkan barulah kita tentukan pelanggan
yang diprioritaskan. Kegiatan pemasaran juga bertujuan untuk memotivasi setiap
orang yang ada di dalam organisasi untuk mencapai nilai yang tinggi sehingga
pelanggan akan merasa puas dan akan datang kembali lagi atau menggunakan produk
tersebut kembali, dan bahkan pelanggan yang merasa puas tersebut dapat mengajak
pelanggan yang lain.
Seperti yang telah dijelaskan diatas
bahwa pemasaran dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang mengusahakan agar
produk yang ditawarkan dapat di terima dan disenangi oleh pasar. Pemasaran juga
dapat dilihat sebagai proses sosial dan manajerial. Dikatakan proses sosial
karena pemasaran tentunya dilakukan kepada manusia dan dalam pemasaran harus
memperhatikan aspek social manusia sehingga cara yang kita lakukan dalam
pemasaran dapat tepat sesuai dengan kondisi social dan produk yang ditawarkan
dapat diterima dengan baik. Pemasaran juga harus memperhatikan dua aspek yang
ada didalam diri manusia, yaitu need (kebutuhan)
dan want (keinginan, yang dipengaruhi
oleh budaya). Dikatakan manajerial dalam pemasaran tentunya harus melalui
serangkaian kegiatan manajemen agar pemasaran dapat berjalan sesuai dengan
tujuan. Dalam pemasaran kegiatan manajemen meliputi perencanaan,
pengorganisasian, koordinasi kerja dan pengawasan.
Apa yang
dipasarkan ? Yang pasarkan
dalam pemasaran adalah produk. Produk dapat didefidinisikan sebagai segala
sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk menarik perhatian, diambil alih,
digunakan, sesuatu yang dimakan, sesuatu yang bisa memuaskan, termasuk objek,
fisik, jasa, orang, tempat, organisasi, dll. Berdasarkan sifatnya produk dapat
dibedakan menjadi dua, yaitu bersifat nyata
atau terlihat (barang) dan tidak nyata atau tidak terlihat (jasa atau
layanan)
Kata Kunci untuk pemasaran yaitu Value (nilai), Statisfaction (kepuasan), Quality
(kualitas), Exchange (pertukaran) dan
Transaction (transaksi)
Manajemen Pemasaran mempunyai lima
filosofi, yang pertama adalah Production concept yaitu barang mudah dibeli dan mudah dicari. Kedua adalah
Product
concept yaitu mengutamakan
kualitas suatu produk bukan banyaknya jumlah produk yang diproduksi. Ketiga adalah
Selling
concept yaitu mengutamakan perilkanan
baik media elektronik dan media cetak, juga memasang potongan harga untuk
menarik pelanggan. Yang keempat adalah Marketing concept yaitu mengutamakan kepuasan pelanggan,
berfungsi sebagai konsultan untuk menanyakan kebutuhan pelanggan dan
selanjutnya memberikan solusi terbaik dan yang kelima adalah Societal
marketing concept yaitu kegiatan
promosi bukan hanya dilakukan melalui iklan namun juga dengan mengdakan
kegiatan sosial dan langsung terjun ke lingkungan masyarakat
Setelah memahami apa itu pemasaran,
maka selanjutnya kita harus mengetahui tentang jasa. Jasa merupakan semua
aktifitas ekonomi yang outputnya
tidak berbentuk fisik yang secara umum diproduksi. Jasa bertujuan untuk
memberikan nilai tambah, membuat terhibur, nyaman, menyenangkan dan sifatnya
berupa pelayanan
Jasa mempunyai beberapa karakteristik,
yaitu yang pertama adalah Intangibility
yaitu tidak dapat dirasa, diraba, dicium, didengar, sebelum jasa itu dibeli, pelanggan
membeli jasa, bisa dinikmati namun tidak dapat dimiliki seterusnya, kualitas jasa
tampak pada : tempat, orang, bahan-bahan, harga dan symbol, tugas penyedia jasa
yaitu mengelola bukti berbentuk testimony. Karakteristik yang kedua yaitu Inseparability yaitu, jasa dijual
terlebih dahulu, diproduksi dan dikonsumsi secara bersamaan, interaksi penyedia
dan pelanggan mempengaruhi hasil jasa, kunci sukses tergantung pada
kualitaspenyedia dan keterlibatan pelanggan, fasilitas pendukung dan pemilihan
lokasi penyedia jasa menjadi pertimbangan utama pelanggan. Selanjutnya karakteristik
yang ketiga adalah Vartability yaitu,
tidak ada standar output, upaya untuk
menjaga kualitas jasa yaitu dengan investasi, peningkatan kualitas personil,
standarisasi proses dan memantau kepuasan pelanggan dan mendisain kebutuhan
pelanggan. Karakteristik yang keempat adalah Perishability yaitu, komoditas jasa tidak tahan lama, tidak dapat
disimpan, bisa disimpan dalam bentuk reservasi dan permintaan pelanggan
bervariasi dipengaruhi oleh musim
Jika kita ingin sukses dalam
pemasaran, maka hal-hal yang harus dilakukan adalah memperbaharui penawaran
jasa, melokalisir tempat-tempat pemberian layanan, adanya kepastian, menggunakan
kekuatan informasi strategis dan memberikan pengaruh terhadap nilai-nilai
strategis
0 komentar:
Posting Komentar