Pages

Kamis, 21 Februari 2013

Report 1 : Dasar-dasar Pemasaran


Perkuliahan kedua dilaksanakan pada tanggal  18 Febuari 2013 di ruang Daksinapati 305 FIP UNJ bersama Dr. Amril Muhammad, SE, M.Pd dan dimulai pada pukul 13.30 WIB. Pada pertemuan kedua ini Pak Amril mulai menjelaskan materi dan juga menanyakan terkait perkembangan penugasan yang diberikan pada pertemuan sebelumnya. Materi yang dijelaskan mengenai dasa-dasar pemasaran.

Pemasaran dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang mengusahakan agar produk yang ditawarkan dapat di terima dan disenangi oleh pasar. Pemasaran juga dapat diartikan sebagai kegiatan mengkomunikasikan sesuatu yang kita miliki kepada orang lain. Kegiatan pemasaran ditujukan agar produknya dapat diterima dan kemudian disenangi oleh pasar. Kegiatan pemasaran yang direncanakan, diorganisasikan, dikoordinasikan serta diawasi dengan baik maka akan membuahkan hasil yang maksimal

Mengapa kita perlu belajar pemasaran? Kegiatan pemasaran sangat penting untuk di pelajari karena banyak faktor yang membuat bisnis menjadi sukses dimana kekuatannya terletak pada fokus kepada pelanggan untuk memberikan kepuasan. Selain itu, perusahaan harus berbagi dan mempunyai dedikasi yang tinggi untuk memuaskan pelanggan, namun karena sifat pelanggan yang heterogen sehingga tidak mungkin dapat memuaskan semua pelanggan, untuk itu yang pertama dilakukan adalah mengelompokkan golongan-golongan pasar yang heterogen sehingga menjadi homogen atau biasa disebut segmentasi pasar, setelah dikelompokkan barulah kita tentukan pelanggan yang diprioritaskan. Kegiatan pemasaran juga bertujuan untuk memotivasi setiap orang yang ada di dalam organisasi untuk mencapai nilai yang tinggi sehingga pelanggan akan merasa puas dan akan datang kembali lagi atau menggunakan produk tersebut kembali, dan bahkan pelanggan yang merasa puas tersebut dapat mengajak pelanggan yang lain.

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa pemasaran dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang mengusahakan agar produk yang ditawarkan dapat di terima dan disenangi oleh pasar. Pemasaran juga dapat dilihat sebagai proses sosial dan manajerial. Dikatakan proses sosial karena pemasaran tentunya dilakukan kepada manusia dan dalam pemasaran harus memperhatikan aspek social manusia sehingga cara yang kita lakukan dalam pemasaran dapat tepat sesuai dengan kondisi social dan produk yang ditawarkan dapat diterima dengan baik. Pemasaran juga harus memperhatikan dua aspek yang ada didalam diri manusia, yaitu need (kebutuhan) dan want (keinginan, yang dipengaruhi oleh budaya). Dikatakan manajerial dalam pemasaran tentunya harus melalui serangkaian kegiatan manajemen agar pemasaran dapat berjalan sesuai dengan tujuan. Dalam pemasaran kegiatan manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian, koordinasi kerja dan pengawasan.

Apa yang dipasarkan ? Yang pasarkan dalam pemasaran adalah produk. Produk dapat didefidinisikan sebagai segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk menarik perhatian, diambil alih, digunakan, sesuatu yang dimakan, sesuatu yang bisa memuaskan, termasuk objek, fisik, jasa, orang, tempat, organisasi, dll. Berdasarkan sifatnya produk dapat dibedakan menjadi dua, yaitu bersifat nyata  atau terlihat (barang) dan tidak nyata atau tidak terlihat (jasa atau layanan)

Kata Kunci untuk pemasaran yaitu Value (nilai), Statisfaction (kepuasan), Quality (kualitas), Exchange (pertukaran) dan Transaction (transaksi)

Manajemen Pemasaran mempunyai lima filosofi, yang pertama adalah Production concept yaitu  barang mudah dibeli dan mudah dicari. Kedua adalah Product concept yaitu mengutamakan kualitas suatu produk bukan banyaknya jumlah produk yang diproduksi. Ketiga adalah Selling concept yaitu mengutamakan perilkanan baik media elektronik dan media cetak, juga memasang potongan harga untuk menarik pelanggan. Yang keempat adalah Marketing concept yaitu mengutamakan kepuasan pelanggan, berfungsi sebagai konsultan untuk menanyakan kebutuhan pelanggan dan selanjutnya memberikan solusi terbaik dan yang kelima adalah Societal marketing concept yaitu kegiatan promosi bukan hanya dilakukan melalui iklan namun juga dengan mengdakan kegiatan sosial dan langsung terjun ke lingkungan masyarakat

Setelah memahami apa itu pemasaran, maka selanjutnya kita harus mengetahui tentang jasa. Jasa merupakan semua aktifitas ekonomi yang outputnya tidak berbentuk fisik yang secara umum diproduksi. Jasa bertujuan untuk memberikan nilai tambah, membuat terhibur, nyaman, menyenangkan dan sifatnya berupa pelayanan

Jasa mempunyai beberapa karakteristik, yaitu yang pertama adalah Intangibility yaitu tidak dapat dirasa, diraba, dicium, didengar, sebelum jasa itu dibeli, pelanggan membeli jasa, bisa dinikmati namun tidak dapat dimiliki seterusnya, kualitas jasa tampak pada : tempat, orang, bahan-bahan, harga dan symbol, tugas penyedia jasa yaitu mengelola bukti berbentuk testimony. Karakteristik yang kedua yaitu Inseparability yaitu, jasa dijual terlebih dahulu, diproduksi dan dikonsumsi secara bersamaan, interaksi penyedia dan pelanggan mempengaruhi hasil jasa, kunci sukses tergantung pada kualitaspenyedia dan keterlibatan pelanggan, fasilitas pendukung dan pemilihan lokasi penyedia jasa menjadi pertimbangan utama pelanggan. Selanjutnya karakteristik yang ketiga adalah Vartability yaitu, tidak ada standar output, upaya untuk menjaga kualitas jasa yaitu dengan investasi, peningkatan kualitas personil, standarisasi proses dan memantau kepuasan pelanggan dan mendisain kebutuhan pelanggan. Karakteristik yang keempat adalah Perishability yaitu, komoditas jasa tidak tahan lama, tidak dapat disimpan, bisa disimpan dalam bentuk reservasi dan permintaan pelanggan bervariasi dipengaruhi oleh musim

Jika kita ingin sukses dalam pemasaran, maka hal-hal yang harus dilakukan adalah memperbaharui penawaran jasa, melokalisir tempat-tempat pemberian layanan, adanya kepastian, menggunakan kekuatan informasi strategis dan memberikan pengaruh terhadap nilai-nilai strategis

0 komentar:

Posting Komentar