Pages

Sabtu, 27 April 2013

Report 8 : Distribusi, Mranchise dan MLM



Perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa dilaksanakan pada Senin, 22 April 2013, namun pada perkuliahan kali ini dilaksanakan di Ruang 305 FIP UNJ, karena pada saat itu kondisi ruang 307 tidak layak untuk diadakan perkuliahan. Pada pertemuan kali ini kelompok yang bertugas untu persentasi adalah kelompok 7 yang terdiri dari Yolla, Riski Nuria dan Lenny Indriani, materi yang di persentasikan yaitu mengenai “Distribusi, Franchise dan MLM (Multi Level Marketing)”. Perkuliahan dimulai sekitar pukul 13.30 dan didampingi oleh Dr. Amril Muhammad, S.E, M.Pd.

DISTRIBUSI
Distribusi adalah proses yang menunjukkan penyaluran barang dari produsen sampai ke tangan masyarakat konsumen. Produsen artinya orang yang melakukan kegiatan produksi. Konsumen artinya orang yang menggunakan atau memakai barang/jasa dan orang yang melakukan kegiatan distribusi disebut distributor. Secara umum, fungsi distribusi adalah memindahkan produk dari produsen ke konsumen, sementara secara khusus fungsi distribusi yaitu informasi, promosi, kontak, penyesuaiaan, negosiasi dan peran lainnya. Factor-faktor yang mempengaruhi saluran distribusi adalah Barang, pasar, perusahaan, perantara dan pesaing

Tujuan dari distribusi adalah untuk mencapai pasar-pasar tertentu, dengan demikian pasar merupakan tujuan akhir dari kegiatan saluran, sehingga penyaluran produk akan terfokus karena produsen yang bisa membuat produk dengan baik belum tentu bisa menyalurkannya dengan baik di pasar sehingga perusahaan cukup fokus untuk membuat produk saja dan distributorlah yang fokus menyalurkan produknya dan produsen juga dapat memproduksi barang lebih banyak, selain itu jumlah pelanggan yang banyak tentunya membuat kesulitan produsen jika harus menangani penyaluran langsung, dan tujuan yang terakhir adalah prestise. Dari berbagai tujuan tersebut, tujuan inti dari distribusi adalah agar kegiatan penyaluran dapat efektif dimana barang terjual kepada konsumen dan efisien yaitu mendapat keuntungan dari hasil penjualan.

Tipe interaksi antara penyedia dan konsumen adalah konsumen mendatangi penyedia atau penyedia mendatangi konsumen. Dua tipe saluran distribusi adalah secrara langsung yaitu penyaluran langsung dari produsen ke konsumen dan tidak langsung yaitu menggunakan jasa perantara atau agen untuk menyalurkan produk

Distribusi yang dilakukan secara konvensional :
Dari Perusahaan ke Penyalur, Agen, Retail dan sampai ke Konsumen
Namun seiring perkembangan zaman distribusi yang dilakukan secara modern dilakukan melalui FRANCHISE dan MLM (Multi Level Marketing).

FARNCHISE

Franchise adalah system pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) member hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, system, prosedur, dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.. Pemilik merek disebut franchisor atau pewaralaba, sedangkan pemakai merek disebut terwaralaba. Ciri-ciri dari kegiatan franchise yaitu pewaralaba memiliki tradename, trade/ service mark, patent, trade secret, dan know-how; terwaralaba diizinkan untuk menggunakan hak-hak tersebut, operasi usaha waralaba di bawah pengarahan pewaralaba; terwaralaba akan membayar royalti atau suatu initial fee.

Terdapat dua jenis franchise (waralaba), yaitu (1) waralaba luar negeri, biasanya lebih disukai karena mereknya sudah terkenal di masyarakat dan lebih bergengsi. (2) waralaba dalam negeri yang dibagi menjadi waralaba format bisnis dan waralaba produk dan merek dagang. Dalam bisnis franchise,  ada yang menggunakan secara keseluruhan, mulai dari produk, desain tempat, karyawan, prosedur. Contohnya adalah Alfamart dimana baik produk, karyawan, desin tempat, semuanya harus mengikuti peraturan dari Alfamart. Selain itu ada juga bisnis franchise yang hanya menggunakan nama atau mereknya saja. Contohnya Mc Donals Indonesia yaitu dari perusahaan Mc Donals, dimana tidak secara keseluruhan produk yang dijual sama, yaitu jika Mc Donals Indonesia menyediakan menu nasi, sedangkan Mc Donals yang asli tidak menyediakan menu nasi dan Mc Donals Indonesia harus membayar Fee.

MLM (Multi Level Marketing)

Multi Level Marketing  adalah sistem penjualan berkelompok melalui keanggotaan yang membentuk tim pemasaran secara bertingkat. Sistem MLM ini lebih mengutamakan kebersamaan dalam mencapai tingkat omset penjualan perusahaan. Seorang anggota yang dapat memimpin timnya dalam memasarkan produk perusahaan akan diberikan komisi atau bonus sesuai dengan sistem yang berlaku di masing-masing perusahaan MLM.

MLM yang baik mempunyai beberapa criteria, yaitu uang pendaftaran tidak terlalu mahal, ada pelatihan yang benar, perusahaannya jelas, mempunyai bussines plan. Tugas menjalankan MLM yaitu menjual produk sesuai dengan harga, kesepakatan, pembayaran yang sah menurut hukum dan mengajak dan mencari orang lain untuk menjadi anggota baru dan bergabung dengan memperkenalkan produk dan menjelaskan peluang bisnis serta keuntungan yang dapat diperoleh jika bergabung dengan MLM.

sekian report dari saya
Syifa Cherunisa R.
1445115223
MP NR 2011

0 komentar:

Posting Komentar