Perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa dilaksanakan pada
Senin, 22 April 2013, namun pada perkuliahan kali ini dilaksanakan di Ruang 305
FIP UNJ, karena pada saat itu kondisi ruang 307 tidak layak untuk diadakan
perkuliahan. Pada pertemuan kali ini kelompok yang bertugas untu persentasi
adalah kelompok 7 yang terdiri dari Yolla, Riski Nuria dan Lenny Indriani, materi
yang di persentasikan yaitu mengenai “Distribusi, Franchise dan MLM (Multi
Level Marketing)”. Perkuliahan dimulai sekitar pukul 13.30 dan didampingi oleh Dr.
Amril Muhammad, S.E, M.Pd.
DISTRIBUSI
Distribusi
adalah proses yang menunjukkan penyaluran barang dari
produsen sampai ke tangan masyarakat konsumen. Produsen artinya orang yang
melakukan kegiatan produksi. Konsumen artinya orang yang menggunakan atau
memakai barang/jasa dan orang yang melakukan kegiatan distribusi disebut
distributor. Secara umum, fungsi
distribusi adalah memindahkan produk dari produsen ke konsumen, sementara
secara khusus fungsi distribusi yaitu informasi, promosi, kontak, penyesuaiaan,
negosiasi dan peran lainnya. Factor-faktor yang mempengaruhi saluran distribusi
adalah Barang, pasar, perusahaan, perantara dan pesaing
Tujuan dari distribusi adalah untuk mencapai pasar-pasar
tertentu, dengan demikian pasar merupakan tujuan akhir dari kegiatan saluran,
sehingga penyaluran produk akan terfokus karena produsen yang bisa membuat
produk dengan baik belum tentu bisa menyalurkannya dengan baik di pasar
sehingga perusahaan cukup fokus untuk membuat produk saja dan distributorlah
yang fokus menyalurkan produknya dan produsen juga dapat memproduksi barang
lebih banyak, selain itu jumlah pelanggan yang banyak tentunya membuat
kesulitan produsen jika harus menangani penyaluran langsung, dan tujuan yang
terakhir adalah prestise. Dari
berbagai tujuan tersebut, tujuan inti dari distribusi adalah agar kegiatan
penyaluran dapat efektif dimana barang terjual kepada konsumen dan efisien
yaitu mendapat keuntungan dari hasil penjualan.
Tipe interaksi antara penyedia dan konsumen adalah konsumen
mendatangi penyedia atau penyedia mendatangi konsumen. Dua tipe saluran
distribusi adalah secrara langsung yaitu penyaluran langsung dari produsen ke
konsumen dan tidak langsung yaitu menggunakan jasa perantara atau agen untuk
menyalurkan produk
Distribusi yang dilakukan secara konvensional :
Dari Perusahaan ke Penyalur, Agen, Retail dan sampai ke Konsumen
Namun seiring perkembangan zaman distribusi yang
dilakukan secara modern dilakukan melalui FRANCHISE dan MLM (Multi Level
Marketing).
FARNCHISE
Franchise adalah system pendistribusian barang atau jasa
kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) member hak kepada individu atau perusahaan untuk
melaksanakan bisnis dengan merek, nama, system, prosedur, dan cara-cara yang telah
ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.. Pemilik merek disebut franchisor
atau pewaralaba, sedangkan pemakai merek disebut terwaralaba. Ciri-ciri dari
kegiatan franchise yaitu pewaralaba memiliki tradename, trade/ service
mark, patent, trade secret, dan know-how;
terwaralaba diizinkan untuk menggunakan hak-hak tersebut, operasi usaha
waralaba di bawah pengarahan pewaralaba; terwaralaba akan membayar royalti atau
suatu initial fee.
Terdapat dua jenis franchise
(waralaba), yaitu (1) waralaba luar negeri, biasanya lebih disukai karena
mereknya sudah terkenal di masyarakat dan lebih bergengsi. (2) waralaba dalam
negeri yang dibagi menjadi waralaba format bisnis dan waralaba produk dan merek
dagang. Dalam bisnis franchise, ada yang menggunakan secara keseluruhan, mulai
dari produk, desain tempat, karyawan, prosedur. Contohnya adalah Alfamart
dimana baik produk, karyawan, desin tempat, semuanya harus mengikuti peraturan
dari Alfamart. Selain itu ada juga bisnis franchise
yang hanya menggunakan nama atau mereknya saja. Contohnya Mc Donals
Indonesia yaitu dari perusahaan Mc Donals, dimana tidak secara keseluruhan
produk yang dijual sama, yaitu jika Mc Donals Indonesia menyediakan menu nasi,
sedangkan Mc Donals yang asli tidak menyediakan menu nasi dan Mc Donals
Indonesia harus membayar Fee.
MLM (Multi Level
Marketing)
Multi Level Marketing adalah sistem penjualan berkelompok melalui
keanggotaan yang membentuk tim pemasaran secara bertingkat. Sistem MLM ini
lebih mengutamakan kebersamaan dalam mencapai tingkat omset penjualan
perusahaan. Seorang anggota yang dapat memimpin timnya dalam memasarkan produk
perusahaan akan diberikan komisi atau bonus sesuai dengan sistem yang berlaku
di masing-masing perusahaan MLM.
MLM yang baik mempunyai beberapa criteria, yaitu uang
pendaftaran tidak terlalu mahal, ada pelatihan yang benar, perusahaannya jelas,
mempunyai bussines plan. Tugas menjalankan
MLM yaitu menjual produk sesuai dengan harga, kesepakatan, pembayaran yang sah
menurut hukum dan mengajak dan mencari orang lain untuk menjadi anggota baru
dan bergabung dengan memperkenalkan produk dan menjelaskan peluang bisnis serta
keuntungan yang dapat diperoleh jika bergabung dengan MLM.
sekian report dari saya
Syifa Cherunisa R.
1445115223
MP NR 2011
0 komentar:
Posting Komentar