Pages

Sabtu, 11 Mei 2013

Report 10 : Promosi Jasa Pendidikan


Pertemuan ke-11 Mata Kuliah Pemasaran diadakan pada Senin, 6 Mei 2013. Meski pada perkuliahan hari ini tidak didampingi oleh Dr. Amril Muhammad SE, M.Pd, namun diskusi tetap berjalan dengan membentuk kelompok-kelompok dan didampingi oleh satu orang pemateri. Diskusi dilaksanakan di ruang D.307 FIP UNJ, dan tema pada pertemuan kali ini adalah “Promosi Jasa pendidikan”. Diskusi dipimpin oleh kelompok 9 yaitu Ria Zulfiah, Ayu, Rahmawati dan Nurma Jelita



Promosi merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan pemasaran suatu produk/barang. Definisi dari Promosi adalah sejenis komunikasi yang memberi penjelasan yang meyakinkan calon konsumen tentang barang dan jasa atau sebuah proses membagi ide, informasi, atau perasaan audience. Promosi juga dapat dikatakan sebagai kumpulan aktivitas yang memberitahu kebaikan produk dan membujuk pelanggan sasaran untuk membelinya.



Menurut William J. Stanton, promosi dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu (1) jumlah dana yang tersedai untuk promosi, perusahaan harus menentukan seberapa besar dana yang dialokasikan untuk melakukan promosi, hal ini tergantung dari jenis produk dan kemampuan perusahaan, (2) keadaan pasar, yaitu keadaan geografis daerah pemasaran, (3) keadaan atau kondisi produk , (4) tingkat siklus kehidupan produk, yaitu pada tingkat mana siklus kehidupan produk sudah dicapai, misalnya introduksi, growth, atau maturity.



Tujuan promosi menurut Schoel (1933) adalah untuk menarik perhatian, mengingatkan, dan mempengaruhi atau mengajak untuk membeli produk yang di promosikan. Dengan dilakukannya kegiatan promosi, perusahaan mengharapkan adanya peningkatan angka penjualan dan keuntungan.



Elemen-elemen promosi menurut Philip Kotler dan Gary Amstrong meliputi (1) iklan atau advertising, adalah sebuah promosi, gagasan, pesan-pesan penjualan persuasif kepada pelanggan dan calon pembeli dengan mempergunakan media tertentu oleh sponsor. Media yang digunakan misalnya surat kabar, majalah, televisi, radio, papan reklame, dan sebagainya (2) promosi penjualan atau sales promotion, yaitu aktivitas promosi yang terdiri dari insentif jangka pendek yang dilakukan untuk mendorong pembelian dengan segera dan meningkatkan penjualan perusahaan, misalnya mengadakan diskon atau potongan harga untuk menarik konsumen. (3) hubungan masyarakat atau public relation, yaitu sejumlah informasi tentang produk atau perusahaan yang disebarluaskan ke masyarakat sehingga dapat dikenal oleh masyarakat. (4) penjualan perseorangan atau personal selling, yaitu kegiatan untuk menawarkan barang atau jasa langsung kepada calon pembeli. Penjual berusaha untuk menemui calon pembeli dan berhadapan muka dengan penjual. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh sales-sales promotion yang bertugas menawarkan produk ke masyarakat.



Terdapat perbedaan antara iklan dengan promosi. Iklan Dilakukan secara tidak langsung dan dijalankan melalui media tertentu, sedangkan promosi dapat dilakukan kapan dan dimana saja, baik secara langsung maupun tidak langsung. Namun persamaan keduanya adalah merupakan usaha menaikkan omset penjualan dengan berusaha mempengaruhi konsumen-konsumennya. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah iklan adalah cara menyusun iklan agar konsep yang dibuat menarik perhatian masyarakat, tempat dan waktu memasang iklan yang strategis dan tepat, ukuran iklan dan frekuensi pemasangan iklan yaitu berapa lama iklan tersebut akan di pasang.



Dalam kegiatan promosi jasa pendidikan, dapat dilakukan dengan publikasi di surat kabar, radio atau televisi, memasang spanduk, mencetak dan membagikan brosur serta melakukan demonstrasi ke tempat-tempat tertentu.

Sekian reportasi dari saya
Syifa Chaerunisa R.
1445115223
MP NR 2011

0 komentar:

Posting Komentar