Pertemuan ke-6 Mata Kuliah Pemasaran diadakan pada 25
Maret 2013. Meski pada perkuliahan hari ini tidak didampingi oleh Dr. Amril
Muhammad SE, M.Pd, namun diskusi tetap berjalan dengan membentuk
kelompok-kelompok dan didampingi oleh satu orang pemateri. Diskusi diadakan di
selasar depan Kajur Manajemen Pendidikan FIP UNJ, diskusi dimulai pukul 10.15
WIB dan tema pada pertemuan kali ini adalah “Bauran Pemasaran Jasa”. Diskusi
dipimpin oleh kelompok 4 yaitu Devi Alfikasari, Nisa Indriani, Khairiyah
Apriliani dan Aprilia Nita
Apa itu Bauran Pemasaran? Bauran pemasaran (marketing mix)
merupakan alat bagi pemasar yang terdiri atas berbagai unsur suatu program
pemasaran yang perlu dipertimbangkan agar implementasi strategi pemasaran dan positioning
dapat berjalan dengan sukses. Pada daasarnya
bauran pemasaran menunjukkan unsur-unsur yang perlu dipertimbangkan saat
menentukan strategi pemasaran suatu perusahaan, masing-masing unsur saling
mendukung dan menguatkan bagian-bagian lain.
Dalam bauran pemasaran, terdapat empat unsur yaitu Product
(produk), Price (harga), Place (tempat) dan Promotion (promosi) atau yang biasa disebut dengan 4P. sedangkan dalam
bauran pemasaran jasa terdapat tujuh unsur yaitu Product (produk), Price (harga),
Place (tempat), Promotion (promosi), People (orang),
Process (proses), dan Customer Service (layanan pelanggan).
Dan selanjutnya kita akan membahas tentang masing-masing dari unsur tersebut.
Pertama, Product (produk). Produk adalah konsep
keseluruhan atas objek atau proses yang memeberikan berbagai nilai pada
pelanggan. Produk terbagi menjadi dua, yaitu barang dan jasa. Sedangkan produk
jasa merupakan rangkaian pemuasan nilai yang kompleks. Terdapat empat tingkatan
produk, yaitu (1) produk inti atau generic, merupakan produk jasa dasar yang
harus dipenuhi. Misalnya dalam sebuah penginapan produk dasar yang dibutuhkan
adalah tempat tidur. (2) Produk yang diharapkan, merupakan harapan minimal yang
harus dipenuhi. Misalnya dalam sebuah penginapan, pelanggan akan mengharapkan
kamar yang nyaman dan bersih, kamar kecil, lemari dan sebagainya. (3) Produk
yang diperluas, merupakan bidang yang memungkinkan suatu produk dibedakan dari
yang lain. (4) Produk potensial, merupakan manfaat tambahan potensial yang
memang atau mungkin merupakan utilitas bagi pembeli.
Kedua, Price (harga). Harga memainkan
bagian yang sangat penting dalam bauran pemasaran jasa, karena penetapan harga
memberikan penghasilan bagi bisnis. Harga juga memberikan persepsi mengenai
kualitas. Keputusan-keputusan penetapan harga mempunyai dampak pada seluruh
bagian saluran pasokan/pemasaran. Tujuan dari penetapan harga yaitu untuk
kelangsungan hidup, memaksimalkan keuntungan, memaksimalkan penjualan, gengsi
dan ROI (return of investment) atau pengembalian modal. Penetapan harga dipengaruhi
oleh bernagai factor, yaitu positioning jasa, tujuan-tujuan korporat, sifat
kompetisi, daur hidup jasa, elastisitas permintaan, struktur biaya, sumberdaya
yang digunakan, kondisi ekonomi yang berlaku, dan kapasitas jasa.
Ketiga, Place (tempat). Tempat juga
mempunyai arti penting karena lingkungan dimana jasa disampaikan, dan bagaimana
jasa disampaikan merupakan bagian dari nilai dan manfaat jasa yang
dipersepsikan. Pentingnya lokasi untuk jasa tergantung pada jenis dan tingkat
interaksi yang terlibat. Terdapat tiga jenis interaksi antara penyedia jasa
dengan pelanggan, yaitu (1) pelanggan mendatangi penyedia jasa, (2) penyedia
jasa mendatangi pelanggan dan (3) penyedia jasa dan pelanggan mentransaksikan
bisnis dalam jarak jauh.
Keempat, Promotion (promosi). Unsur promosi
dalam bauran pemasaran jasa membentuk peranan penting dalam membantu
mengkomunikasikan positioning jasa kepada para pelanggan. Promosi menambah signifikansi jasa, dan juga
dapat menambah keberwujudannya serta membantu pelanggan membuat penilaian
tawaran jasa dengan lebih baik. Promosi menckaup sejumlah bidang, yaitu
periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, hubungan masyarakat, word of mouth (dari mulut ke mulut) dan
pos langsung.
Kelima, People (orang). Pentingnya orang-orang
bagi pemasaran jasa telah ditekankan. Kesuksesan pemasaran suatu jasa sangat
tergantung pada seleksi, pelatihan, motivasi dan manajemen sumber daya manusia.
Ada banyak contoh jasa yang gagal atau yang berhasil sebagai konsekuensi
manajemen sumber daya manusia yang tidak efektif atau yang efektif.
Keenam, Process (proses). Merupakan
proses-proses dimana jasa diciptakan dan disampaikan dan disampaikan kepada
pelanggan, karena pelanggan akan sering kali mempersepsikan system penyampaian
jasa sebagai bagian dari jasa itu sendiri. Dengan demikian, keputusan mengenai
manajemen operasi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pemasaran jasa.
Seluruh kegiatan jasa adalah proses. Proses-proses meliputi prosedur,
tugas-tugas, jadwal-jadwal, mekanisme dan kegiatan dimana suatu produk atau
jasa disampaikan kepada pelanggan.
Ketujuah, Customer Service (layanan pelanggan). Faktor utama yang membedakan untuk
perusahaan-perusahaan jasa adalah kualitas layanan kepada pelanggan. Untuk
mewujudkan layanan yang baik, para karyawan harus dilatih sebaik mungkin agar
mau dan mampu memberikan layanan pelanggan sebaik mungkin guna memenuhi
kebutuhan pelanggan.
Masing-masing unsur bauran pemasaran tersebut saling
berinteraksi satu sama lain dan mereka harus dikembangkan, sehinggan mereka
saling saling mendukung dalam mencapai kemungkinan kecocokan terbaik antar
lingkungan internal dengan lingkungan eksternal organisasi. Dalam mengembangkan
strategi bauran pemasaran, kita harus mempertimbangkan dampak masing-masing
unsur bauran pemasaran terhadap segmen-segmen pasar yang dipilih. Ini
menunjukkan jaminan bahwa ada : (1) kecocokan antar bauran pemasaran dengan
setiap segemen sasaran, (2) kecocokan antar bauran pemasaran dengan kapabilitas
strategic perusahaan, yang menekankan kekuatannya dan meminimalkan dampak
kelemahannya dan (3) pemahaman akan kapabilitas pesaing yang mencakup
kekuatan-kekuatan dan kapitalisasi kelemahan-kelemahan mereka.
Sekian reportasi dari saya
Syifa Chaerunisa Rahmadani
1445115223
MP NR 2011
1 komentar:
nice syfa, sangat membantu .
Posting Komentar