Pages

Sabtu, 25 Mei 2013

Report 12 : Perilaku Konsumen




Perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa dilaksanakan pada Senin, 20 Mei 2013, di ruang D.307 FIP UNJ. Pada pertemuan kali ini kelompok yang bertugas untuk persentasi adalah kelompok 11 yang terdiri dari Dwi Sakti, Qidham Permadi, dan Yudi Ardiyanto, materi yang di persentasikan yaitu mengenai “Perilaku Konsumen”. Perkuliahan dimulai sekitar pukul 13.30 dan didampingi oleh Dr. Amril Muhammad, S.E, M.Pd.

Agar suatu perusahaan dapat sukses mencapai tujuan, maka perusahaan harus mampu memahami perilaku konsumen, karena kelangsungan hidup perusahaan sangat bergantung pada konsumen. Menurut Winardi Perilaku konsumen adalah perilaku yang ditunjukkan oleh orang-orang dalam merencanaka, membeli dan menggunakan barang-barang ekonomi dan jasa. Perilaku konsumen dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupkan faktor-faktor yang berasal dari dalam diri konsumen, yang terbagi menjadi dua yaitu kebutuhan dan keinginan. Faktor kebutuhan didasari oleh hirarki kebutuhan moslow yang terdiri dari kebutuhan fisik, keamanan, sosial, harga diri, dan aktualisasi diri. Faktor keinginan didasari oleh konsep diri dari konsumen tersebut, yaitu fisik, sosial, religi, mental dan daya beli.

Faktor eksternal merupakan faktor-faktor yang berasal dari luar diri konsumen. Yang merupakan faktor-faktor eksternal  diantaranya kondisi ekonomi, lingkungan ekonomi, lingkungan sosiologi, lingkungan politis, IPTEK dan kebudayaan. Selain dari faktor internal dan eksternal yang disebutkan di atas, perusahaan juga memberikan rangsangan pemasaran yaitu dengan produk, harga dan promosi. Konsumen dapat diibaratkan mempunyai kotak hitam atau mempunyai pertimbangan dan karakteristik dalam memutuskan untuk membeli dan apa yang ada pada diri seseorang yang ia inginkan, namun informasi tersebut cukup sulit untuk diketahui, padahal informasi tersebut sangat penting diketahui bagi perusahaan.

Konsumen mengalami proses sebelum mengambil keputusan untuk membeli. (1) dimuali dari pengenalan masalah, dimana konsumen mencari tahu apa yang diinginkan untuk membantu menyelesaikan masalah, baik berupa barang atau jasa.  (2) konsumen melakukan pencarian informasi mengenai barang atau jasa yang akan dibeli, misalnya harga, kualitas, dll. (3) perilaku purnabeli, yaitu konsumen mempertimbangkan pengalamannya dalam membeli suatu produk. keputusan pembeli. (4) konsumen memutuskan produk mana yang akan dibeli dan yang terakhir adalah (5) evaluasi alternatif. Pihak-pihak yang mempelajari perilaku konsumen yaitu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Perguruan Tinggi, pemerintah dan lembaga perwakilan rakyat, juga pemasar atau produsen

Peran dalam pembelian yaitu (1) pencetus ide, yaitu seseorang yang mengusulkan ide untuk membeli suatu produk tertentu. (2) pemberi pengaruh, dimana seseorang yang pendapatnya mempengaruhi keputusan pembelian. (3) pengambil keputusan, yaitu seseorang yang memutuskan setiap komponen dalam keputusan pembelian. (4) pembeli seseorang yang melakukan pembelian yang sebenarnya. (5) pemakai, yaitu seseorang yang mengkonsumsi atau menggunakan produk tersebut.

Sekian reportasi saya
Syifa Chaerunisa R.
1445115223
MP NR 2011

0 komentar:

Posting Komentar