Perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa dilaksanakan pada
Senin, 20 Mei 2013, di ruang D.307 FIP UNJ. Pada pertemuan kali ini kelompok
yang bertugas untuk persentasi adalah kelompok 11 yang terdiri dari Dwi Sakti,
Qidham Permadi, dan Yudi Ardiyanto, materi yang di persentasikan yaitu mengenai
“Perilaku Konsumen”. Perkuliahan dimulai sekitar pukul 13.30 dan didampingi
oleh Dr.
Amril Muhammad, S.E, M.Pd.
Agar suatu perusahaan dapat sukses mencapai tujuan, maka
perusahaan harus mampu memahami perilaku konsumen, karena kelangsungan hidup
perusahaan sangat bergantung pada konsumen. Menurut Winardi Perilaku konsumen
adalah perilaku yang ditunjukkan oleh orang-orang dalam merencanaka, membeli
dan menggunakan barang-barang ekonomi dan jasa. Perilaku konsumen dipengaruhi
oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupkan faktor-faktor
yang berasal dari dalam diri konsumen, yang terbagi menjadi dua yaitu kebutuhan
dan keinginan. Faktor kebutuhan didasari oleh hirarki kebutuhan moslow yang
terdiri dari kebutuhan fisik, keamanan, sosial, harga diri, dan aktualisasi
diri. Faktor keinginan didasari oleh konsep diri dari konsumen tersebut, yaitu
fisik, sosial, religi, mental dan daya beli.
Faktor eksternal merupakan faktor-faktor yang berasal
dari luar diri konsumen. Yang merupakan faktor-faktor eksternal diantaranya kondisi ekonomi, lingkungan
ekonomi, lingkungan sosiologi, lingkungan politis, IPTEK dan kebudayaan. Selain
dari faktor internal dan eksternal yang disebutkan di atas, perusahaan juga
memberikan rangsangan pemasaran yaitu dengan produk, harga dan promosi.
Konsumen dapat diibaratkan mempunyai kotak hitam atau mempunyai pertimbangan
dan karakteristik dalam memutuskan untuk membeli dan apa yang ada pada diri
seseorang yang ia inginkan, namun informasi tersebut cukup sulit untuk
diketahui, padahal informasi tersebut sangat penting diketahui bagi perusahaan.
Konsumen mengalami proses sebelum mengambil keputusan
untuk membeli. (1) dimuali dari pengenalan masalah, dimana konsumen mencari
tahu apa yang diinginkan untuk membantu menyelesaikan masalah, baik berupa barang
atau jasa. (2) konsumen melakukan
pencarian informasi mengenai barang atau jasa yang akan dibeli, misalnya harga,
kualitas, dll. (3) perilaku purnabeli, yaitu konsumen mempertimbangkan
pengalamannya dalam membeli suatu produk. keputusan pembeli. (4) konsumen
memutuskan produk mana yang akan dibeli dan yang terakhir adalah (5) evaluasi alternatif.
Pihak-pihak yang mempelajari perilaku konsumen yaitu Lembaga Swadaya Masyarakat
(LSM), Perguruan Tinggi, pemerintah dan lembaga perwakilan rakyat, juga pemasar
atau produsen
Peran dalam pembelian yaitu (1) pencetus ide, yaitu
seseorang yang mengusulkan ide untuk membeli suatu produk tertentu. (2) pemberi
pengaruh, dimana seseorang yang pendapatnya mempengaruhi keputusan pembelian.
(3) pengambil keputusan, yaitu seseorang yang memutuskan setiap komponen dalam
keputusan pembelian. (4) pembeli seseorang yang melakukan pembelian yang
sebenarnya. (5) pemakai, yaitu seseorang yang mengkonsumsi atau menggunakan
produk tersebut.
Sekian reportasi saya
Syifa Chaerunisa R.
1445115223
MP NR 2011
0 komentar:
Posting Komentar