Pages

Sabtu, 09 Maret 2013

Tugas 1

Soal 1 :

Jelaskan perbedaan tiga pendekatan dalam differensiasi pasar dan berikan contoh dalam pendidikan


Jawaban :

Ada tiga pendekatan dalan differensiasi pasar, yaitu undifferentiated marketing, differentiated marketing, dan concentrated marketing.


1. Undifferentiated marketing
Pada undifferentiated marketing  ini, perusahaan hanya menawarkan satu macam produk dan mencakup seluruh pasar Perusahaan tidak membuat segmen-segmen khusus terhadap pasar, namun targetnya adalah mencakup seluruh pasar. Perusahaan bertujuan untuk menanamkan image kuat produknya kepada para konsumen, tanpa membedakan target pasar.


2. Differentiated marketing
Pada differentiated marketing, perusahaan membedakan target pasar sesuai kebutuhan konsumen. Jika pada undifferentiated marketing perusahaan hanya memproduksi satu macam produk, pemasaran dengan pembeda memproduksi berbagai macam produk yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat para konsumen.  Pembedaan produk bisa dikategorisasikan berdasarkan letak geografis konsumen, style atau gaya hidup, umur, jenis kelamin, tingkat pendapatan, bahkan bisa juga dibedakan berdasarkan tingkat pendidikan para konsumen. Upaya pembedaan target pasar ini bertujuan agar loyalitas konsumen terhadap suatu produk lebih kuat, karena perusahaan menawarkan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen.



3. Concentrated marketing
Pada concentrated marketing, perusahaan terkonsentrasi yang hanya fokus memasarkan produknya kepada satu atau beberapa kelompok pembeli saja. Sehingga pemasaran produk hanya ditujukan kepada kelompok pembeli yang paling berpotensi. Dengan fokus pada kelompok tertentu, perusahaan yang menggunakan strategi pemasaran model ini berusaha menawarkan produk yang terbaik bagi target pasar mereka. Sehingga spesifikasi image produk yang ditawarkan dapat tertanam pada konsumen yang menjadi target pasarnya.

Contoh :
Pada lembaga bimbingan belajar Nurul Fikri. Lembaga ini menyediakan lembaga bimbingan belajar dan konsultasi untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan program khusus SNMPTN. bahkan Nurul Fikri saat ini cakupannya sudah lebih meluas lagi, Nurul Fikri sudah membuat NEC (Nurul Fikri English Course) yang diperuntukkan bagi orang-orang yang ingin memperdalam ilmu dalam bahasa Inggris, dan juga  Nurul Fikri telah membuat LP3T Nurul Fikri yang merupakan lembaga yang memadukan antara pelatihan dan pendidikan di bidang TIK untuk pengembangan Profesi di bidang TIK.  Jika kita lihat Nurul Fikri menggunakan pendekatan differentiated marketing karena terdapat beberapa segmen yang yang dijadikan target pasar, misalnya sesuai jenjang pendidikan, kebutuhan dan pekerjaan

0 komentar:

Posting Komentar