Soal 1 :
Jelaskan perbedaan tiga
pendekatan dalam differensiasi pasar dan berikan contoh dalam pendidikan
Jawaban :
Ada tiga pendekatan
dalan differensiasi pasar, yaitu undifferentiated marketing, differentiated
marketing, dan concentrated marketing.
1. Undifferentiated marketing
Pada undifferentiated marketing
ini, perusahaan hanya menawarkan
satu macam produk dan mencakup seluruh pasar Perusahaan
tidak membuat segmen-segmen khusus terhadap pasar, namun targetnya adalah
mencakup seluruh pasar. Perusahaan bertujuan untuk menanamkan image kuat
produknya kepada para konsumen, tanpa membedakan target pasar.
2. Differentiated marketing
Pada differentiated
marketing, perusahaan membedakan target pasar sesuai kebutuhan konsumen.
Jika pada undifferentiated marketing perusahaan hanya memproduksi satu macam
produk, pemasaran dengan pembeda memproduksi berbagai macam produk yang
disesuaikan dengan kebutuhan dan minat para konsumen. Pembedaan produk
bisa dikategorisasikan berdasarkan letak geografis konsumen, style atau gaya
hidup, umur, jenis kelamin, tingkat pendapatan, bahkan bisa juga dibedakan
berdasarkan tingkat pendidikan para konsumen. Upaya pembedaan target pasar ini
bertujuan agar loyalitas konsumen terhadap suatu produk lebih kuat, karena
perusahaan menawarkan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen.
3. Concentrated marketing
Pada concentrated
marketing, perusahaan terkonsentrasi yang hanya fokus memasarkan produknya
kepada satu atau beberapa kelompok pembeli saja. Sehingga pemasaran produk hanya
ditujukan kepada kelompok pembeli yang paling berpotensi. Dengan fokus pada
kelompok tertentu, perusahaan yang menggunakan strategi pemasaran model ini
berusaha menawarkan produk yang terbaik bagi target pasar mereka. Sehingga
spesifikasi image produk yang ditawarkan dapat tertanam pada konsumen yang
menjadi target pasarnya.
Contoh :
Pada lembaga bimbingan
belajar Nurul Fikri. Lembaga ini menyediakan lembaga bimbingan belajar dan
konsultasi untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan program khusus SNMPTN. bahkan Nurul
Fikri saat ini cakupannya sudah lebih meluas lagi, Nurul Fikri sudah membuat
NEC (Nurul Fikri English Course) yang diperuntukkan bagi orang-orang yang ingin
memperdalam ilmu dalam bahasa Inggris, dan juga Nurul Fikri telah membuat
LP3T Nurul Fikri yang merupakan lembaga
yang memadukan antara pelatihan dan pendidikan di bidang TIK untuk pengembangan
Profesi di bidang TIK. Jika kita lihat Nurul Fikri menggunakan pendekatan differentiated
marketing karena terdapat
beberapa segmen yang yang dijadikan target pasar, misalnya sesuai jenjang
pendidikan, kebutuhan dan pekerjaan
0 komentar:
Posting Komentar